Pondok Pesantren

Rencana Pembangunan Pondok Pesantren Sabilul-Ilmi Jalan Cagak Subang

Masjid al Furqan, Pusat Kajian dan Tahfidz al Qur`an

Masjid al Furqan, Pusat Kajian dan Tahfidz al Qur`an

Sekertariat: Jl. Natapermana no. 6 RT 22 RW 05 Desa Tambakan, Kec. Jalancagak Subang Jawabarat

Pendahuluan

Bismillahir-rahmaanir-rahiim.

Alhamdulillah, wash-shalaatu was-salaamu ‘alaa Rasulillah, wa ‘alaa aalihi wa shabhibi, wa ba’du:

Pendidikan merupakan sarana paling efektif untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan Islam kepada diri manusia. Fungsi dan peran pendidikan sangat strategis dan bersifat fundamental. Tanpa adanya pendidikan yang baik, penyebaran dan pengajaran nilai-nilai Islam akan menjadi mandek, bahkan akan kalah tergilas oleh pengaruh-pengaruh buruk yang saat ini sudah pada taraf mengkhawatirkan.

Dewasa ini, pengaruh-pengaruh keburukan itu sudah begitu merunyak di tengah-tengah masyarakat kaum muslimin pada umumnya, dan generasi muda secara khusus. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang kian pesat, pengaruh-pengaruh itu dengan mudah masuk kepada alam pemikiran dan pemahaman mereka, sehingga kemudian menghasilkan prilaku-prilaku yang kian jauh dari nilai-nilai Islam.

Untuk itu lah Pondok Pesantren ini hadir membawa harapan besar semoga dapat memberi konstribusi positif dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang Islami di masa mendatang.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan yang mampu memberikan konstribusi perbaikan (ishlah) bagi masyarakat dan generasi Islam agar tertanam akidah yang lurus dan terwujud akhlak yang mulia, serta tersebar nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘aalamin.

Misi

  1. Memantapkan akidah Ahli Sunnah wal Jamaah
  2. Mengajarkan amaliyah ibadah yang benar.
  3. Membentuk akhlak yang mulia.
  4. Mengajarkan wawasan keislaman dan umum.
  5. Mengajarkan baca dan hapalan Al Qur`an.
  6. Mengajarkan life skill
  7. Membangun karakter dan kepribadian yang kuat

Program:

  • Tahfidzul Qur`an (TQ)

Program Tahfidzul Qur`an (TQ) adalah kegiatan menghapal Al Qur`an disertai pendidikan dasar-dasar akidah, ibadah dan akhlak. Alhamdulillah, berkat pertolongan dan taufik dari Allah, bekerja sama dengan DKM masjid al Furqan Tambakmekar, program TQ ini sudah berlangsung 2 tahun. Setiap ba’da subuh sampai pukul 6:00, para santri dengan semangat menghapal kitab suci Al Qur`an sebelum mereka berangkat ke sekolah masing-masing. Saat ini, hapalan santri yang paling banyak adalah 2 juz Al Qur`an.

1525713_815636855123715_3991524708949501549_n

 

 

  • Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam

Seiring dengan waktu, keinginan untuk menggeluti dunia pendidikan kian kuat. Hal ini yang mendorong kami untuk mencoba merealisasikan rencana pembangunan pondok pesantren plus sekolah, sebuah program pendidikan yang memadukan antara pendidikan diniyyah, bahasa dan pengetahuan umum.

Saat ini, untuk menyongsong realisasi dari rencana tersebut di tahun ajaran 2015 – 2016 nanti, segala persiapan sedang kami lakukan.

  • Tempat

Pondok pesantren yang akan kami bina rencananya akan diselenggarakan di Desa Kumpay, Kec. Jalancagak Subang, Jawabarat. Sebuah desa yang masih asri dan bercuaca sejuk, sehingga sangat kondusif untuk proses belajar dan menghapal bagi para santri.

Sebagai modal awal, kami akan menggunakan bangunan rumah 3 lantai sebagai asrama para santri, dan madrasah adh-dhiror untuk kegiatan belajar-mengajar. Masjid al Furqan Tambakmekar juga akan difungsikan sebagai salah satu tempat untuk menyelenggarakan kegiatan, utamanya kegiatan tahfidz al Qur`an dan kajian Islam.

Namun kedepan, kami telah menyiapkan tanah seluas 1302 m untuk dibangun sebagai sarana bagi seluruh kegiatan Pondok pesantren.

IMG_20140912_131106

  • Target-Target

Selama tiga tahun masa pendidikan, kami Insya Allah (dengan memohon pertolongan dari Allah), memiliki target-target andalan:

  1. Hapalan al Qur`an sebanyak 10 Juz
  2. Hapalan Hadis sebanyak 100 hadis
  3. Menyelesaikan matn-matn akidah dasar, meliputi: Ushul Tsalatsah, Qawa’id al Arba’dan Kitab Tauhid (mengikuti kurikulum yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan Saudi Arabia)
  4. Menguasai dasar-dasar Ilmu bahasa Arab (menggunakan kitab ‘Al-Arabiyyah Baina Yadaika’ jilid 1 dan 2)
  5. Memahami dasar-dasar hukum Islam (menggunakan kitab-kitab fikih syafi’i seperti‘Safinatu An-Najaah, Matn Abi Syujaa’ dan Fathul Qariib al Mujiib)
  6. Mampu mempraktekkan adab-adab Islam dengan baik (mentauhidkan Allah, menjaga shalat lima waktu, berbakti kepada kedua orang tua, berakhlak baik kepada sesama dan menjalankan kewajiban-kewajiban serta sunnah-sunnah sehari-hari yang lainnya)

Pengasuh dan Penanggungjawab

Abu Khalid Resa Gunarsa, Lc

Kebutuhan Awal

Adapun kebutuhan awal pesantren saat ini adalah, biaya pembangunan ruangan kelas, asrama dan sarana ibadah.

Penyaluran Donasi

Bagi Bpk/Ibu, Saudara/I yang ingin berbagi sekaligus berinvestasi akhirat untuk mendukung rencana pembangunan pondok pesantren Sabilul-Ilmi, dapat menyalurkan donasinya ke no rekening berikut:

Bank Mandiri: 1300005930675

an/ Resa Gunarsa

Contact Person

081314051322 (hp dan WA)

Pin BBM 7DDA84A5

Jazaakumullaah khairan katsiran, semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan balasan yang banyak.

Tinggalkan komentar

1 Komentar

  1. dewi

     /  April 14, 2015

    Ass,,pak apakah menerima anak putri?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: