Latar Belakang Penulisan Buku ‘Al Wasa`il Al Mufiidah Lil Hayaati As Sa’iidah.’ Karya Syaikh Abdurrahman bin Nashir al Sa’dy rahimahullah.

10635743_296936430516124_7423424530398244183_nBuku Syaikh yang satu ini ukurannya terbilang kecil, namun syarat dengan makna. Syaikh Abdurrazaq Al Badr mengatakan tentang buku ini, “Mustasyfaa Al Amraad An Nafsiyyah.” (Rumah Sakit Terapi Penyakit-Penyakit Kejiwaan). Berikut adalah latar belakang penulisannya sebagaimana penuturan putera beliau rahimahullah.

Muhammad bin al ‘Allamah Abdurrahman As- Sa’dy dalam kitabnya, “Mawaqif Ijtima’iyyah min Hayaati Asy-Syaikh al ‘Allamah Abdurrahman bin Nashir As-Sa’dy rahimahullah.” hal. 129 berkata:

Diantara hal yang layak disebutkan dalam pembahasan ini adalah:

Para dokter meminta kepada Ayahanda agar selama dalam masa pengobatan, beliau tidak membaca dan menulis terlebih dahulu. Karena aktifitas itu membutuhkan pemikiran dan tenaga, sehingga akan berdampak pada kesehatan beliau dan memperlambat kesembuhan.

Saat Ayahanda berada di rumah sakit, aku menemukan sebuah buku di toko buku berjudul, “Tinggalkan rasa khawatir dan mulailah kehidupan.” (How to Stop Worrying dan Start Living) Karya penulis Amerika, Dale Carnegie, direktur lembaga kursus pengembangan diri. Aku sangat takjub dengan apa yang ditulisnya, sehingga aku membelinya dan menghadiahkannya kepada Ayahanda. Beliau pun membacanya dan merasa takjub dengan penulisnya, beliau mengomentari penulisnya, “Ia seorang yang munshif (jujur dan adil).”

Waktu itu Ayahanda punya sahabat dekat dari Unaizah yang sedang menghadapi penyakit kejiwaan. Ia telah berobat ke Beirut bertahun-tahun akan tetapi kesehatannya tidak kunjung pulih. Ayahanda pun menghadiahkan buku itu kepadanya, beliau berkata, “Bacalah buku ini, ia sangat bermanfaat.”

Dan sungguh ajaib, setelah membaca buku itu, kesehatan sahabat ini menunjukkan perkembangan yang baik, sampai seluruh penyakitnya hilang dan ia pun sembuh. Ayahanda kemudian menyuruhku untuk membeli buku itu lagi untuk disimpan di perpustakaan Unaizah yang beliau dirikan. Aku pun membeli buku itu lalu aku berikan kepada Ayah. Tatkala Ayah pulang, beliau menyimpan buku tersebut di perpustakaan. Buku itu telah dipinjamkan kepada banyak dari murid-murid Ayah yang masyhur.

Ayahanda menyuruh Abu Abud ke pasar, beliau berkata, “Belilah sejumlah kertas dan pena.” Beliau berniat untuk menulis sebuah buku yang satu tema dengan buku “Tinggalkan kekhawatiran dan mulailah kehidupan.” Terwujudlah sebuah buku yang kecil namun maknanya agung, beliau memberinya judul, “Al Wasa`il al Mufiidah lil Hayaati As Sa’iidah.” (Cara Bermanfaat untuk Menggapai Kebahagian). Buku ini memuat penjelasan tentang bagaimana mewujudkan kebahagiaan untuk manusia dengan cara-cara yang sesuai dengan syariat, bagaimana cara mengobati penyakit-penyakit yang timbul dalam jiwa manusia. Milik Allah segala pujian dan karunia.

Buku ini telah dicetak di masa hidup beliau dan setelah beliau wafat puluhan kali, tidak terhitung. Dalam satu kali naik cetak, buku ini dicetak 50.000 exemplar dan dibagikan secara gratis melalui yayasan-yayasan Saudi yang mengurusi soal kesehatan jiwa. Permintaan terus mengalir baik dari dalam dan luar Saudi. Buku ini pun menjadi terkenal. Dan ini, wallahu a’lam, buah dari niat yang baik dari penulisnya –semoga Allah merarmatinya.

Kami selaku ahli waris Syaikh Abdurrahman As-Sa’dy, membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mencetak buku-buku Ayahanda tanpa bayaran, akan tetapi setelah mendapat izin tertulis dari kami dan benar-benar memperhatikan proses penerbitan bukunya, tanpa ada perubahan, kesalahan cetak, tambahan dan pengurangan. [Selesai]

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: