Hari Perhitungan dan Kata-Kata Baik

kalimah toyyibahSebuah hadis diterima dari sahabat Adiy bin Hatim radhiyallahu ‘anhu berkata, baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إلاَّ سَيُكَلِّمُهُ رَبُّهُ لَيْسَ بَينَهُ وَبَيْنَهُ تَرْجُمَانٌ ، فَيَنْظُرُ أَيْمَنَ مِنْهُ فَلاَ يَرَى إلاَّ مَا قَدَّمَ ، وَيَنْظُرُ أَشْأَمَ مِنْهُ فَلاَ يَرى إلاَّ مَا قَدَّمَ ، وَيَنظُرُ بَيْنَ يَدَيهِ فَلاَ يَرَى إلاَّ النَّار تِلقَاءَ وَجْهِهِ ، فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَو بِشِقِّ تَمْرَةٍ ، فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

“Tidak seorang pun diantara kalian melainkan akan diajak bicara oleh Rabbnya, tanpa penerjemah antara dia dengan-Nya. Ia menoleh ke samping kanannya, ia hanya melihat apa yang telah diamalkannya. Kemudian ia menoleh ke samping kirinya, ia pu hanya melihat apa yang telah diamalkannya. Ia melihat ke arah depannya, ia melihat dihadapannya neraka. Maka bertakwalah kalian, walaupun hanya dengan sebutir kurma. Barangsiapa yang tidak memilikinya, maka dengan kata-kata yang baik.” (Muttafaq ‘alaih)

Ini adalah hadis yang agung. Menggambarkan keagungan Sang Pencipta yang Maha hebat, tidak terjangkau oleh akal dan tidak mampu diungkapkan dengan lisan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bawah seluruh makhluk akan diajak bicara secara langsung oleh Allah tanpa penerjemah dan perantara. Allah bertanya kepada mereka tentang seluruh amal yang telah mereka perbuat, yang baik dan yang buruknya, yang kecil dan besarnya, yang terdahulu dan terakhirnya, yang diingatnya dan yang telah mereka lupakan.

Hal itu menunjukkan keagungan dan kebesaran Allah. Sebagaimana Allah menciptakan dan memberi rizki kepada mereka dalam suatu waktu, Allah pun membangkitkan mereka dalam satu waktu saja. Allah menghisab mereka semuanya salam suatu waktu pula.

Dalam situasi perhitungan ini, seorang pun tidak memiliki penolong dan pembantu, anak-anak atau harta. Masing-masing akan menghadap-Nya secara sendiri-sendiri, sebagaimana mereka diciptakan pada pertama kali. Di sisi kanan dan kirinya, ia hanya dikelilingi oleh amal-amalnya yang menuntut balasan, dengan kebaikan atau dengan keburukan. Sementara dihadapannya neraka yang harus dia lalui. Apakah ada jalan untuk selamat darinya? Tidak ada jalan untuk selamat darinya kecuali rahmat Allah dan segala yang telah ia perbuat.

Oleh karena itulah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan umatnya agar menjaga diri dari api neraka walaupun hanya dengan sesuatu yang sedikit, seperti sebutir kurma. Jika tidak ada, maka dengan kata-kata yang baik.

Hadis ini juga menerangkan bahwa diantara penyelamat terbesar dari api neraka adalah berbuat baik kepada sesama, baik dengan harta ataupun perkataan. Dan seorang hamba seharusnya tidak menyepelekan kebaikan walaupun sedikit.

Kata-kata yang baik yang disebutkan dalam hadis ini mencakup nasehat kepada sesama dengan cara memberi pengajaran tentang ilmu yang belum mereka ketahui dan mengarahkan mereka kepada kemaslahatan-kemaslahatan mereka baik dunia atau akhiratnya.

Termasuk kepada kata-kata yang baik adalah perkataan-perkataan yang menyenangkan hati dan melegakan dada disertai dengan keceriaan wajah. Begitu juga berdzikir kepada Allah, memuji-Nya, membahas hukum-hukum dan syariat-Nya.

Maka, setiap perkataan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah, mendatangkan kemaslahatan kepada hamba-hamba Allah, ia termasuk kategori kata-kata baik (kalimah thayyibah). Allah berfirman,

إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ

“Kepada-Nyalah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya.” (QS Faathir [35]: 10)

Allah juga berfirman (yang artinya), “amalan-amalan yang kekal lagi saleh” Maksudnya adalah seluruh amal dan perkataan yang dapat mendekatkan diri seseornag kepada Allah dan mendatangkan maslahat bagi sesama “adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS. Al Kahfi [18]: 46)

Sumber: “Bahjatu al Quluub al Abraar”, hal. 229-230, Syaikh Abdurrahman bin Nashir al Si’dy –rahimahullah

Rancabogo, Subang, 19 Maret 2013

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: