“Pemuda ini lebih berakal dariku..”

ابن عباسAl Hafidz Ibnu Katsir menyebutkan dalam kitabnya “Al Bidâyah Wa An Nihâyah” 8/298, dalam biografi Imam Ibnu Abbas: “Al Baihaqi berkata –beliau menyertakan sanadnya sampai kepada Ikrimah-:

Ibnu Abbas menceritakan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat, aku berkata kepada seorang laki-laki Anshor,

“Ayo, kita bertanya kepada para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena saat ini mereka masih banyak.”

Namun laki-laki itu malah berkata, “Engkau ini aneh wahai Ibnu Abbas, apakah engkau kira orang-orang akan membutuhkanmu, sementara di tengah-tengah mereka ada para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?”

Maka ia pun tidak mempedulikan ajakanku itu, sementara aku bersemangat untuk selalu bertanya kepada para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jika sampai kepadaku kabar tentang sebuah hadis yang diterima oleh seseorang, maka aku akan mendatangi pintu rumahnya, aku menghamparkan selendangku di depan pintu rumahnya (untuk menunggunya –pent), dan angin debu pun menerpaku. Kemudian orang itu keluar dan melihatku. Ia berkata,

“Wahai anak paman Rasulullah, ada urusan apakah? Mengapa engkau tidak mengutus saja seseorang kepadaku agar aku saja yang mendatangimu?”

Aku katakan, “Tidak, aku yang harus mendatangimu.”

Kemudian aku bertanya kepadanya tentang hadis ..

Beberapa tahun berlalu, laki-laki Anshor tadi pun masih hidup hingga ia melihat keadaanku, telah berkumpul di sekelilingku orang-orang untuk bertanya kepadaku. Orang itu pun berkata, “Pemuda ini lebih berakal dariku”

[Dinukil dari Shafahât min shabri al Ulamâ ‘alâ Syadâ`id al ‘Ilmi wa At Tahshîli, hal. 35, Karya Syaikh Abdufattah Abu Ghuddah]

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

