Fatwa Syaikh Dr. Shaleh bin Fauzan Al Fauzan Tentang Liberalisme

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu ‘alaikum warahmatullah wa barakatuh.

Bagaimana pendapat Anda tentang ajakan kepada pemikiran liberal di negeri-negeri Islam? Ia adalah pemikiran yang mengajak kepada kebebasan, yang tidak ada aturan kecuali undang-undang konvensional, ajakan untuk menyetarakan antara muslim dan kafir dengan alasan pluralisme dan menyatakan bahwa setiap orang memiliki kebebasan individu yang tidak tunduk pada ikatan-ikatan syariat –sebagaimana perkataan mereka. Mereka juga menolak sebagian syariat yang bertentangan dengan pemikiran mereka seperti hukum-hukum yang berkaitan dengan wanita, interaksi dengan orang kafir, persoalan mengingkari kemunkaran, hukum jihad dan yang lainnya dari hukum-hukum yang mereka pandang bertantangan dengan liberalisme. Apakah seorang muslim boleh berkata “Aku seorang muslim liberal”? apakah nasehat Anda bagi orang-orang seperti itu?

(Yang mencitai Anda, Sulaiman al Khurasyi)

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullah wa barakatuh, wa ba’du:

Sesungguhnya seorang muslim adalah orang yang berserah diri kepada Allah dengan tauhid, tunduk kepada-Nya dengan ketaatan dan berlepas diri dari kesyirikan dan orang-orang musyrik. Maka, orang yang menginginkan kebebasan yang tidak diatur kecuali oleh hukum konvensional, ia adalah orang yang menolak syariat Allah dan menginginkan hukum jahiliyyah, hukum thaghut. Ia bukan seorang muslim. Orang yang mengingkari perkara yang diketahui bersifat prinsip dalam agama berupa perbedaan antara muslim dan kafir, serta menghendaki kebebasan yang tidak tunduk kepada ikatan-ikatan syariat, mengingkari hukum-hukum syariat yang berkaitan dengan wanita, amar makruf nahi munkar dan disyariatkannya jihad, maka orang yang seperti ini telah terjatuh kepada beberapa pembatal keislaman. Kita memohon kepada Allah keselamatan.

Dan orang yang mengatakan “Aku seorang muslim liberal” ia adalah orang yang kontradiktif, jika yang dimaksud dengan liberal adalah apa yang telah disebutkan. Ia harus bertobat kepada Allah dari semua pemikiran ini agar menjadi muslim yang sebenarnya.

Shaleh bin Fauzan al Fauzan

Anggota Dewan Ulama Besar

Sumber:  http://www.alfawzan.af.org.sa/node/2350

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: