Seorang Mukmin Seperti Unta dicocok Hidung

Bismillaahir rahmaanir rahiim

Ada peribahasa dalam bahasa Indonesia, “Seperti kerbau dicocok Hidung” yang maknanya kurang lebih adalah orang yang tidak memiliki pendirian. Ungkapan peribahasa itu mirip dengan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan yang lainnya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bahwasannya seorang mukmin seperti unta yang dicocok hidung, kemanapun dia dibawa, ia akan mengikuti.” (Hadis dinyatakan shahih oleh Syaikh Al Bani dalam Shahih Al Jami 4369).

Akan tetapi makna yang dimaksud oleh hadis tersebut bukanlah makna yang dimaksud dalam peribahasa di atas. Syaikh Abdul Karim Al Khudhair –hafidzahullah- menjelaskan tentang makna hadis tersebut, “Maknanya adalah mudah untuk tunduk, tidak memiliki sikap mau menang sendiri, suka membantah dan ngeyel. Tidak. Seorang mukmin itu selalu dan mudah mengikuti kebenaran, kemanapun kebenaran mengarah, maka ia akan selalu mengikuti kebenaran tersebut. Seperti unta dicocok hidung. Unta yang dicocok hidungnya dan diikat dengan tali kekang tidak akan dapat melawan penuntunnya.

Oleh karena itu, wajib atas seorang mukmin untuk selalu tunduk dan mengikuti kemana arah nusush (teks Alquran dan sunnah) menuju, tidak lalai sehingga terbawa oleh siapa saja yang membawanya. Tidak boleh ia mengikuti orang-orang yang ingin membawanya kepada hawa nafsu. Seorang mukmin adalah orang yang cerdas dan jeli, akan tetapi ia juga mudah untuk tunduk. Telah datang dalam sebuah hadis, “Mudahlah kalian dengan tangan-tangan saudara-saudara kalian.” (maksudnya jangan memiliki sikap selalu menolak –pent)

Sebagian orang Islam ada yang buruk perangainya, ia selalu menentang apa yang diperintahkan kepadanya. Tidak diragukan lagi bahwa manusia seharusnya ketika diseru kepada kebenaran, ia langsung menyambutnya dan tidak boleh baginya memilih yang lain. Maka ia tunduk kepada perintah Allah dan perintah Rasul-Nya, dan siapapun yang memerintah dengan keduanya.” (Syarh Muqaddimah Sunan Ibnu Majah, http://www.khudheir.com/text/5444)

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: